FUNGSI
KEHUMASAN DAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM
PERUSAHAAN
Disusun
Oleh :
Clara
Chatrina
David
Trisna (201423090)
Indah
Fitria (201423060)
Nur Fiqhiah (201423035)
AKADEMI KOMUNIKASI RADIO DAN TELEVISI
AKMRTV
JAKARTA
2016
1. Jika anda tergabung dalam sebuah organisasi, apakah oragnisasi anda
memiliki sebuah fungsi kehumasan ?
Jika ada, menurut pengamatan anda apakah kegiatannya ?
Jawaban :
·
Perusahaan yang kami ambil adalah PT.
Jasa Marga (Persero) Tbk. Untuk
mendukung gerak pertumbuhan ekonomi, Indonesia membutuhkan jaringan jalan yang
handal. Melalui Peraturan Pemerintah No. 04 Tahun 1978, pada tanggal 01 Maret 1978
Pemerintah mendirikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tugas utama Jasa Marga
adalah merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol serta
sarana kelengkapannya agar jalan tol dapat berfungsi sebagai jalan bebas
hambatan yang memberikan manfaat lebih tinggi daripada jalan umum bukan tol.
Pada awal berdirinya, Perseroan berperan tidak hanya sebagai operator tetapi
memikul tanggung jawab sebagai otoritas jalan tol di Indonesia.
·
Corporate Communication
Saat ini PT Jasa Marga
menjadi satu-satu nya perusahaan infrastruktur terbesar di Indonesia. Dengan
memiliki 4.447 karyawan induk tetap yang tersebar di Kantor Pusat serta 9
Cabang dan 14 Anak Perusahaan. Corporate Communication adalah salah satu divisi
dari PT Jasa Marga yang memiliki tugas mengelola kegiatan pengelolaan informasi
dan komunikasi perusahaan dan membangun komunikasi yang efektif dengan
lingkungan eksternal dan internal perusahaan untuk meningkatkan citra
perusahaan sehingga terciptanya hubungan baik antara Perusahaan dengan stakeholder internal dan eksternal.
Corporate Communication
banyak melakukan interaksi terhadap pihak luar ataupun di dalam perusahaan.
kegiatan internal yang saat ini di kelola oleh Corcomm adalah seperti Info Tol,
Majalah BJT, serta kegiatan internal lain nya seperti Gathering dll. Internal Communication memiliki tugas
utama yaitu mengumpulkan, mengelola dan menyampaikan informasi secara efektif
kepada lingkungan internal ( karyawan, serikat pekerja, komunitas) perusahaan
agar seluruh kebijakan dan informasi mengenai perusahaan dapat
tersosialisasikan dengan baik di lingkungan perusahaan.
Contoh Kegiatan
Internal Corporate Communication PT Jasa Marga.
Corporate
Communication juga mengelola bagian eksternal dari perusahaan, bertemu dengan
media, mengikuti atau mewakili perusahaan untuk rapat atau menghadiri
kegiatan lainnya di luar kantor. Pameran, sosialisasi, CSR dll nya adalah kegiatan dari
humas eksternal Jasa Marga. Eksternal
Communication tugas utama nya yaitu, mengumpulkan, mengelola dan menyampaikan
informasi secara efektif melalui media perusahaan dan media publikasi
lainnya kepada lingkungan eksternal perusahaan agar kebijakan perusahaan dapat
tersosialisasikan dengan lebih baik kepada seluruh publik eksternal sesuai ketentuan
yang berlaku.
2.
Jika ada fungsi
kehumasan dalam organisasi tempat anda bekerja, apakah yang diterapkan dalam
organisasi anda ?
Fungsi komunikasi atau fungsi manajemen ?
Jawaban :
·
PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cenderung menerapkan
fungsi komunikasi didalam perusahaannya. Dimana Jasa Marga sendiri merupakan
perusahaan yang begerak dibidang jasa pelayanan untuk merencanakan, membangun,
mengoprasikan dan memelihara jalan tol. Untuk itu jasa marga sangat
mengkedepankan komunikasi kepada stakeholde pada internal maupun eksternal
melalui divisi Corporate Communication.
3.
Sebutkan sebuah
organisasi di kota anda yang memiliki praktik kehumasan dibidang komunikasi. Mengapa
anda memilih organisasi tersebut ?
Jawaban :
·
Danone Group adalah pelopor dalam industri makanan dunia dan
beroperasi lebih dari 120 negara serta merupakan salah satu dari 10 besar
perusahaan penghasil makanan dan minuman terbesar di dunia. PT. Danone
Indonesia merupakan salah satu bagian dari Danone Group. Danone Group pertama
kali didirikan di Perancis oleh Antoine Riboud dan saat ini dipimpin oleh
Franck Riboud yang di pusatkan di Paris, Perancis. Misi utama Group Danone
adalah membantu manusia di seluruh dunia, tumbuh, tinggal dengan lebih baik dan
mendapat lebih banyak kehidupan melalui produk makanan yang lebih berasa, lebih
bervariasi dan lebih sehat setiap hari.
Pada tahun 2005, produk Danone terbagi menjadi tiga sektor,
yaitu:
1. Produk olahan susu, seperti susu dan yoghurt (55%)
2. Minuman, seperti air mineral (27%)
3. Biskuit dan produk sereal (18%)
1. Produk olahan susu, seperti susu dan yoghurt (55%)
2. Minuman, seperti air mineral (27%)
3. Biskuit dan produk sereal (18%)
Danone Group memiliki perusahaan-perusahaan yang tersebar
diseluruh dunia, dari Eropa Barat, Eropa Timur, Amerika Utara, Amerika Latin,
Asia Pasifik, Afrika dan juga Timur Tengah. Posisi Group Danone yang global dan
dominan ini ditunjang oleh adanya kerjasama yang solid di antara
komponen-komponennya, dimulai dari pasar lokal sampai pasar international.
Untuk saat ini pasaran utama bagi Group Danone adalah kawasan Asia Pasifik,
khususnya negara-negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk yang besar
seperti Indonesia, China dan India.
Di Indonesia, Danone Group telah memutuskan untuk memperluas
jaringannya dan telah berhasil bergabung dengan perusahaan air mineral
Indonesia yang terdepan yaitu “AQUA” (1998). Selama beberapa kurun waktu
kemudian, Danone group telah berhasil menjalankan empat perusahaan yang
kompeten yaitu AQUA, Danone Biskuit Indonesia, Danone Dairy Indonesia, dan
Danone Indonesia. Akhir tahun 2007 grup biskuit dilepas kemudian Sari Husada
dan Nutricia bergabung dengan Danone Group.
Untuk PT Danone Indonesia merupakan unit bisnis Danone yang
dapat dikatakan baru, perusahaan ini diresmikan pada tanggal 8 Juli 2007, dan
berlokasi di kawasan industri Lippo
Cikarang, tepatnya di Jalan Kranji Blok F-3, Delta Silicon II, Lippo Cikarang,
Bekasi. PT. Danone Indonesia memproduksi minuman yoghurt dengan merk dagang
Activia, yang terdiri dari tiga jenis produk yaitu Spoonable, Drinkable dan
Danone Yoghurt. Activia Spoonable dikemas dalam kemasan cup yang terdiri dari
empat jenis rasa yaitu strawbbery, mangga, Tropical Fruit dan Mixed Berry
sedangkan activia Drinkable dikemas dalam kemasan botol ukuran 80 gr yang
terdiri dari dua rasa yaitu strawbbery dan jeruk dan untuk Danone Yoghurt di
kemas dalam kemasan cup tetapi tidak di beri label yang terdiri dari 2 rasa
strawberry dan vanila. Target pasar utama activia adalah untuk wanita aktif dan
kaum ibu.
·
Mengingat Aqua adalah perusahaan yang telah melayani masyarakat
hampir 40 tahun, Aqua juga menggunakan sumber daya alam yakni sumber air
bersih, oleh karena itu untuk menjaga kesinambungan serta keseimbangan
penggunaan sumber daya agar tetap terjaga dan manfaatnya bagi masyarakat luas
dan menciptakan pertumuhan sumber daya yang berkelanjutan. Oleh karena itu
dirasa penting Aqua melakukan kegiatan CSR, dalam rangka sebagai wujud komitmen
dan tanggung jawab sosial perusahaan dengan menerapkan kegiatan berbasis
masyarakat dalam menjalankan programnya. Kampanye yang telah dimulai sejak
tahun 2007 ini juga adalah sebuah kampanye berkelanjutan mengenai kebaikan alam
(Goodness of nature)
Salah satu program Aqua
adalah WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) tujuanya untuk
memberikan solusi dalam penyediaan air bersih di Indonesia. Didalam program
WASH ini adalah program ‘Satu Untuk Sepuluh’, program ini juga mendukung
program Millenium Development yang dicanangkan oleh PBB tujuannya untuk
memerangi kemiskinan dan kelaparan diberbagai belahan dunia yang ditarget pada
tahun 2015.
Sebagai bentuk tanggung
jawab sosial Aqua melakukan program CSR yang berkaiatan dengan pelestarian
lingkungan dan SDA, hal ini sinkron mengingat Aqua adalah perusahaan yang
berdasarkan pada air bersih (SDA) yang dari dulu hingga sekarang telah menjadi
kebutuhan paling mendasar. Jadi logikanya setiap manusia yang ada didunia ini
mau tidak mau pasti membutuhkan air bersih untuk menjaga kesehatan dan memenuhi
kebutuhan lainnya. Disinilah Aqua mampu masuk diantara kebutuhan tersebut,
berkomitmen menjadi sebuah perusahaan air minum dengan kadar sterilisasi yang
tinggi menjadikan Aqua memiliki kredibilitas luar biasa dimata publik. Didukung lagi banyaknya program CSR Aqua yang
semakin menarik simpatik publik bahwa Aqua bukan hanya perusahaan yang mengejar
profit semata, namun menunjukan perusahaan yang berkomitmen tinggi untuk
mengadakan perubahan sosial bagi masyarakat luas.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar