indaheey☺✌

indaheey☺✌

Kamis, 20 April 2017

Fungsi Manajemen dan Fungsi Komunikasi dalam Perusahaan

FUNGSI KEHUMASAN DAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM
PERUSAHAAN

 


Disusun Oleh :
Clara Chatrina
David Trisna  (201423090)
Indah Fitria   (201423060)
Nur Fiqhiah   (201423035)







              AKADEMI KOMUNIKASI RADIO DAN TELEVISI
                  AKMRTV
                 JAKARTA
                 2016




1.      Jika anda tergabung dalam sebuah organisasi, apakah oragnisasi anda memiliki sebuah fungsi kehumasan ?
Jika ada, menurut pengamatan anda apakah kegiatannya ?

Jawaban   :

·         Perusahaan yang kami ambil adalah PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Untuk mendukung gerak pertumbuhan ekonomi, Indonesia membutuhkan jaringan jalan yang handal. Melalui Peraturan Pemerintah No. 04 Tahun 1978, pada tanggal 01 Maret 1978 Pemerintah mendirikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tugas utama Jasa Marga adalah merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol serta sarana kelengkapannya agar jalan tol dapat berfungsi sebagai jalan bebas hambatan yang memberikan manfaat lebih tinggi daripada jalan umum bukan tol. Pada awal berdirinya, Perseroan berperan tidak hanya sebagai operator tetapi memikul tanggung jawab sebagai otoritas jalan tol di Indonesia.
·         Corporate Communication
Saat ini PT Jasa Marga menjadi satu-satu nya perusahaan infrastruktur terbesar di Indonesia. Dengan memiliki 4.447 karyawan induk tetap yang tersebar di Kantor Pusat serta 9 Cabang dan 14 Anak Perusahaan. Corporate Communication adalah salah satu divisi dari PT Jasa Marga yang memiliki tugas mengelola kegiatan pengelolaan informasi dan komunikasi perusahaan dan membangun komunikasi yang efektif dengan lingkungan eksternal dan internal perusahaan untuk meningkatkan citra perusahaan sehingga terciptanya hubungan baik antara Perusahaan  dengan stakeholder internal dan eksternal.
Corporate Communication banyak melakukan interaksi terhadap pihak luar ataupun di dalam perusahaan. kegiatan internal yang saat ini di kelola oleh Corcomm adalah seperti Info Tol, Majalah BJT, serta kegiatan internal lain nya seperti Gathering dll. Internal Communication memiliki tugas utama yaitu mengumpulkan, mengelola dan menyampaikan informasi secara efektif kepada lingkungan internal ( karyawan, serikat pekerja, komunitas) perusahaan agar seluruh kebijakan dan informasi mengenai perusahaan dapat tersosialisasikan dengan baik di lingkungan perusahaan.


Contoh Kegiatan Internal Corporate Communication PT Jasa Marga.



                                                          





Corporate Communication juga mengelola bagian eksternal dari perusahaan,             bertemu dengan media, mengikuti atau mewakili perusahaan untuk rapat atau             menghadiri kegiatan lainnya di luar kantor. Pameran, sosialisasi, CSR dll nya adalah kegiatan dari humas eksternal Jasa Marga. Eksternal Communication tugas utama nya yaitu, mengumpulkan, mengelola dan menyampaikan informasi secara efektif melalui media perusahaan dan media publikasi lainnya kepada lingkungan eksternal perusahaan agar kebijakan perusahaan dapat tersosialisasikan dengan lebih baik kepada seluruh publik eksternal sesuai ketentuan yang berlaku.


 Contoh kegiatan Eksternal Corporate Communication PT Jasa Marga







2.      Jika ada fungsi kehumasan dalam organisasi tempat anda bekerja, apakah yang diterapkan dalam organisasi anda ?
Fungsi komunikasi atau fungsi manajemen ?

Jawaban   :

·         PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cenderung menerapkan fungsi komunikasi didalam perusahaannya. Dimana Jasa Marga sendiri merupakan perusahaan yang begerak dibidang jasa pelayanan untuk merencanakan, membangun, mengoprasikan dan memelihara jalan tol. Untuk itu jasa marga sangat mengkedepankan komunikasi kepada stakeholde pada internal maupun eksternal melalui divisi Corporate Communication.

3.      Sebutkan sebuah organisasi di kota anda yang memiliki praktik kehumasan dibidang komunikasi. Mengapa anda memilih organisasi tersebut ?

Jawaban   :

·         Danone Group adalah pelopor dalam industri makanan dunia dan beroperasi lebih dari 120 negara serta merupakan salah satu dari 10 besar perusahaan penghasil makanan dan minuman terbesar di dunia. PT. Danone Indonesia merupakan salah satu bagian dari Danone Group. Danone Group pertama kali didirikan di Perancis oleh Antoine Riboud dan saat ini dipimpin oleh Franck Riboud yang di pusatkan di Paris, Perancis. Misi utama Group Danone adalah membantu manusia di seluruh dunia, tumbuh, tinggal dengan lebih baik dan mendapat lebih banyak kehidupan melalui produk makanan yang lebih berasa, lebih bervariasi dan lebih sehat setiap hari.
Pada tahun 2005, produk Danone terbagi menjadi tiga sektor, yaitu:
1. Produk olahan susu, seperti susu dan yoghurt (55%)
2. Minuman, seperti air mineral (27%)
3. Biskuit dan produk sereal (18%)
Danone Group memiliki perusahaan-perusahaan yang tersebar diseluruh dunia, dari Eropa Barat, Eropa Timur, Amerika Utara, Amerika Latin, Asia Pasifik, Afrika dan juga Timur Tengah. Posisi Group Danone yang global dan dominan ini ditunjang oleh adanya kerjasama yang solid di antara komponen-komponennya, dimulai dari pasar lokal sampai pasar international. Untuk saat ini pasaran utama bagi Group Danone adalah kawasan Asia Pasifik, khususnya negara-negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk yang besar seperti Indonesia, China dan India.
Di Indonesia, Danone Group telah memutuskan untuk memperluas jaringannya dan telah berhasil bergabung dengan perusahaan air mineral Indonesia yang terdepan yaitu “AQUA” (1998). Selama beberapa kurun waktu kemudian, Danone group telah berhasil menjalankan empat perusahaan yang kompeten yaitu AQUA, Danone Biskuit Indonesia, Danone Dairy Indonesia, dan Danone Indonesia. Akhir tahun 2007 grup biskuit dilepas kemudian Sari Husada dan Nutricia bergabung dengan Danone Group.
Untuk PT Danone Indonesia merupakan unit bisnis Danone yang dapat dikatakan baru, perusahaan ini diresmikan pada tanggal 8 Juli 2007, dan berlokasi di kawasan industri Lippo Cikarang, tepatnya di Jalan Kranji Blok F-3, Delta Silicon II, Lippo Cikarang, Bekasi. PT. Danone Indonesia memproduksi minuman yoghurt dengan merk dagang Activia, yang terdiri dari tiga jenis produk yaitu Spoonable, Drinkable dan Danone Yoghurt. Activia Spoonable dikemas dalam kemasan cup yang terdiri dari empat jenis rasa yaitu strawbbery, mangga, Tropical Fruit dan Mixed Berry sedangkan activia Drinkable dikemas dalam kemasan botol ukuran 80 gr yang terdiri dari dua rasa yaitu strawbbery dan jeruk dan untuk Danone Yoghurt di kemas dalam kemasan cup tetapi tidak di beri label yang terdiri dari 2 rasa strawberry dan vanila. Target pasar utama activia adalah untuk wanita aktif dan kaum ibu.
·         Mengingat Aqua adalah perusahaan yang telah melayani masyarakat hampir 40 tahun, Aqua juga menggunakan sumber daya alam yakni sumber air bersih, oleh karena itu untuk menjaga kesinambungan serta keseimbangan penggunaan sumber daya agar tetap terjaga dan manfaatnya bagi masyarakat luas dan menciptakan pertumuhan sumber daya yang berkelanjutan. Oleh karena itu dirasa penting Aqua melakukan kegiatan CSR, dalam rangka sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab sosial perusahaan dengan menerapkan kegiatan berbasis masyarakat dalam menjalankan programnya. Kampanye yang telah dimulai sejak tahun 2007 ini juga adalah sebuah kampanye berkelanjutan mengenai kebaikan alam (Goodness of nature)
Salah satu program Aqua adalah WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) tujuanya untuk memberikan solusi dalam penyediaan air bersih di Indonesia. Didalam program WASH ini adalah program ‘Satu Untuk Sepuluh’, program ini juga mendukung program Millenium Development yang dicanangkan oleh PBB tujuannya untuk memerangi kemiskinan dan kelaparan diberbagai belahan dunia yang ditarget pada tahun 2015.
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial Aqua melakukan program CSR yang berkaiatan dengan pelestarian lingkungan dan SDA, hal ini sinkron mengingat Aqua adalah perusahaan yang berdasarkan pada air bersih (SDA) yang dari dulu hingga sekarang telah menjadi kebutuhan paling mendasar. Jadi logikanya setiap manusia yang ada didunia ini mau tidak mau pasti membutuhkan air bersih untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan lainnya. Disinilah Aqua mampu masuk diantara kebutuhan tersebut, berkomitmen menjadi sebuah perusahaan air minum dengan kadar sterilisasi yang tinggi menjadikan Aqua memiliki kredibilitas luar biasa dimata publik.  Didukung lagi banyaknya program CSR Aqua yang semakin menarik simpatik publik bahwa Aqua bukan hanya perusahaan yang mengejar profit semata, namun menunjukan perusahaan yang berkomitmen tinggi untuk mengadakan perubahan sosial bagi masyarakat luas.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar